3 Tips Memulai Olahraga Pada Anak yang Tepat
Posted By admin Posted On

3 Tips Memulai Olahraga Pada Anak yang Tepat

Anak-anak perlu melakukan aktivitas fisik untuk mendukung tumbuh kembang yang sehat dan bebas risiko penyakit. Meski bukan kewajiban untuk mengajak olahraga pada anak sejak usia dini, tetapi Anda harus mengenalkan olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat olahraga bagi anak-anak bisa meningkatkan kesehatan fisik, mencerdaskan otak dan merelaksasi pikiran dari stress. Bukan hanya orang dewasa saja yang pusing dengan rutinitas yang padat, anak-anak memiliki potensi alami stress yang sama.

Aturan penting terkait memulai olahraga pada balita

Supaya Anda bisa memaksimalkan waktu untuk olahraga bersama anak, sebaiknya ketahui tiga aturan penting terkait olahraga untuk anak berikut :

1.    Waktu yang tepat mulai mengenalkan olahraga

Fakta menunjukkan bahwa anak-anak bisa memulai olahraga sejak berusia dibawah lima tahun, kok.  Pasalnya, manfaat olahraga bagi anak-anak bisa memberikan peningkatan fisik, mental, sosial, dan emosi. Melatih olahraga pada anak sejak ia berusia 5 tahun akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan fisik anak.

2.    Jenis olahraga yang direkomendasikan

Anda pasti sudah paham mengenai manfaat melakukan olahraga sejak anak-anak berusia balita atau minimal 5 tahun. Sebagai orangtua yang memberikan dukungan dan contoh, Anda harus tahu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk anak-anak. Jenis olahraga yang bisa anak coba antara lain bersepeda, sepak bola, renang, lari tangkap bola, dan masih banyak jenis olahraga lain.

Anda bisa memberikan dukungan sarana olahraga yang baik untuk anak, misalnya bola, raket bulutangkis, tali, dan sebagainya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah perlengkapan untuk melakukan olahraga wajib terdaftar SNI atau Standar Nasional Indonesia. Pastikan juga melakukan pengawasan saat anak melakukan kegiatan olahraga bersama saudara atau teman sebaya untuk meminimalisir risiko keselamatan balita.

3.    Perhatikan durasi olahraga

Anak yang berusia dini bisa melakukan olahraga bersama orangtua untuk membentuk kebugaran fisik yang prima. Namun, orangtua harus tetap memperhatikan durasi melakukan olahraga tersebut. Jangan sampai Anda membiarkan anak olahraga tanpa batasan waktu yang bisa berdampak buruk bagi kesehatannya.

Anak-anak bisa melakukan olahraga atau kegiatan fisik minimal satu jam per hari. Padahal orang dewasa bisa melakukan olahraga minimal setengah jam saja setiap hari. Ternyata aktivitas gerak yang lebih banyak akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal, alih-alih diam diri atau memainkan gawai terus menerus. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah dan batasi penggunaan elektronik agar si kecil tumbuh lebih sehat di era serba digital.

Beberapa hal terkait aturan melakukan olahraga bagi anak-anak bisa menjadi acuan untuk Anda, ya! Untuk mendukung anak melakukan olahraga dengan baik, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi mereka setiap hari. Anak yang memiliki energi lebih maksimal bisa melakukan olahraga dengan baik setiap hari. Yuk, dapatkan manfaat olahraga bagi anak-anak sejak dini dengan menerapkan konsistensi aturan di atas!