5 Manfaat Berolahraga Dengan Anak Dan Saran Olahraga Yang Dapat Dilakukan Bersama Anak Dirumah
Posted By admin Posted On

5 Manfaat Berolahraga Dengan Anak Dan Saran Olahraga Yang Dapat Dilakukan Bersama Anak Dirumah

Kegiatan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang diberikan di bangku sekolah. Tujuan adanya kegiatan olahraga adalah untuk mengenalkan kepada anak – anak pola hidup sehat. Selain itu, olahraga juga dilakukan untuk meregangkan otot anak sekolah yang banyak menghabiskan waktu mereka di bangku untuk belajar. Ada banyak sekali manfaat olahraga yang dilakukan pada bangku sekolah tersebut. Namun, selama pandemic berlangsung kegiatan sekolah diberhentikan. Hal ini memberikan dampak kepada kesehatan siswa sebab mereka tidak lagi berolahraga dengan baik dan benar.

Selama pandemic berlangsung, ada baiknya anda menjadi pelatih mereka berolahraga. Kegiatan ini menjadi kegiatan penting untuk menunjang kesehatan dan imunitas anak. Dimana kekebalan tubuh anak tidak sebaik orang dewasa. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan olahraga pada anak memiliki banyak dampak positif terhadap kesehatan anak selama tumbuh dan berkembang.

Berikut merupakan beberapa keuntungan melakukan olahraga selama masa tumbuh kembang anak :

  1. Membantu koordinasi gerak anak
  2. Menurunkan resiko terkena penyakit pada anak
  3. Mendukung pertumbuhan tulan dan kesehatan sendi anak
  4. Mendukung pembentukan sistem imun dalam tubuh anak
  5. Mendukung pembentukan postur tubuh anak

Beberapa keuntungan yang disebutkan diatas dapat membantu anak untuk terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada banyak sekali jenis kegiatan olahraga yang dapat anda dan anak anda lakukan selama di rumah. Salah satunya adalah senam anak. Kegiatan ini tidak membutuhkan peralatan penunjang dalam melakukan kegiatannya. Selain itu, senam anak juga memiliki waktu yang relatif singkat untuk dilakukan. Gerakan yang dilakukan dalam senam anak pun mudah dilakukan dan ditiru oleh anak.

Dalam melakukan kegiatan senam anak dirumah, anda dapat berlatih terlebih dahulu sebelum mengajarkannya kepada anak anda. Kegiatan senam anak yang dilakukan dapat berupa gerakan ringan saja dengan pemanasan sebagai awalan. Gerakan pemanasan merupakan kegiatan penting untuk meregangkan otot tubuh agar tidak mengalami kram otot ketika melakukan kegiatan senam anak. Setelah melakukan senam anak, gerakan pendinginan juga dilakukan untuk mengistirahatkan otot tubuh selama gerakan berlangsung.

Kegiatan pemanasan dan pendinginan dapat dilakukan tidak hanya saat melakukan senam anak saja. Tetapi, gerakan ini juga dapat dilakukan saat melakukan berbagai kegiatan olahraga lainnya seperti berlari, sepak bola, basket dan berbagai kegiatan olahraga lainnya. Kegiatan ini dapat mengurangi resiko kram dan cedera yang ditimbulkan karena langsung menggunakan alat gerak dalam melakukan kegiatan olahraga.

Selain senam anak, ada beberapa jenis kegiatan olahraga yang dapat dilakukan bersama anak selama pandemic berlangsung. Beberapa kegiatan olahraga ini dapat dilakukan di halaman rumah saja. Anda dapat melakukan lompat tali, basket, sepak bola mini dan juga lempar bola yang mudah dilakukan dirumah.