Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil
Posted By admin Posted On

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

Apakah puasa bagi ibu hamil diperbolehkan? Ya, puasa merupakan salah satu kewajiban umat Islam saat bulan Ramadhan.

Namun, wanita hamil termasuk yang tidak boleh berpuasa. Dalam kitab Fiqh Shiyam Ramadhan disebutkan bahwa wanita yang sedang hamil dan menyusui mendapatkan rukhshah atau pertolongan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan.

Syekh Shalih bin Uthaymeen menjelaskan bahwa wanita hamil terbagi dalam dua kelompok dalam hukum puasa. Pertama, ibu hamil yang kuat dan semangat puasa, tidak sulit baginya berpuasa dan tidak berpengaruh pada janin, sehingga wajib berpuasa.

Kedua, seorang wanita hamil yang tidak mampu dan berat untuk berpuasa atau tubuhnya yang lemah jika harus berpuasa, maka dalam keadaan ini dia tidak dapat berpuasa. Apalagi jika berdampak pada janin, wajib baginya untuk tidak berpuasa.

Jika bunda tetap ingin berpuasa dan tidak membahayakan janin, maka silahkan. Ada beberapa manfaat puasa bagi ibu hamil yang perlu diketahui bunda. Cari tahu manfaat puasa untuk ibu hamil di kolom komentar di bawah ini.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Menurut Health24, salah satu manfaat puasa bagi ibu hamil adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Saat sang ibu berpuasa, sel-sel tubuh akan membersihkan kotoran dan memperbaiki sistem metabolisme yang rusak.

  1. Kontrol berat badan

Banyak ibu hamil yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan karena sering merasa lapar. Jennifer Wu, seorang ginekolog di Lenox Hill Hospital, New York, AS, mengatakan puasa dapat membantu mengontrol berat badan.

Hal ini dikarenakan pada saat berpuasa, ia hanya makan pada sore dan sore hari saat subuh. Maka berat badan ibu hamil akan terkontrol dengan baik. Tapi itu semua tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi Bunda saat berpuasa dan sahur.

  1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Puasa dapat membantu ibu menurunkan gula darah dan kadar insulin yang sering kali disebabkan oleh diabetes. Puasa dapat menurunkan risiko ibu terkena diabetes akibat kehamilan.

  1. Tidak mengalami morning sickness

Selama bulan puasa, bunda akan makan secara teratur setiap hari, yaitu saat sahur dan saat berpuasa. Ini bisa membantu ibu menghindari morning sickness, terutama di awal kehamilan.

Mual pagi hari adalah mual hingga muntah yang biasa terjadi pada ibu hamil. Sakit pagi terjadi karena asam lambung naik di pagi hari. Saat berpuasa, ibu akan makan sahur dan berbuka puasa pada waktu-waktu yang teratur untuk menghindari morning sickness.

  1. Baik untuk psikologi ibu hamil

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, Bunda tidak hanya menekan rasa lapar dan haus, tapi juga perasaan emosional. Puasa dapat meningkatkan psikologi ibu hamil yang cenderung lebih sensitif.

Ibu pasti tidak ingin menghabiskan energi hanya untuk marah tanpa alasan. Dengan berpuasa, sang ibu bisa lebih tenang dan tentunya berdampak pada janin di dalam kandungan.

Demikian artikel parenting mengenai ibu hamil apakah diperbolehkan berpuasa, semoga sedikit pembahasan kali ini bisa menjadi referensi bagi ibu yang ingin tetap berpuasa.