Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilan
Posted By admin Posted On

Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilan

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka kebutuhan gizi juga semakin bertambah. Bahkan, pada tiap trimester kebutuhan gizi ibu hamil juga berbeda sehingga mau tidak mau ibu hamil harus merubah pola makannya agar tidak kekurangan nutrisi penting. Oleh sebab itu, di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap soal kebutuhan nutrisi selam kehamilan.

Kebutuhan Gizi Berdasarkan Trimester Kehamilan

Kehamilan dibagi menjadi 3 trimester utama berdasarkan usia kehamilan. Ketiga trimester tersebut terutama trimester awal sangat penting sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut beberapa zat gizi penting yang diperlukan pada tiap trimester kehamilan.

  1.   Trimester pertama kehamilan

Trimester pertama berlangsung sejak awal kehamilan hingga minggu ke-13. Masa-masa ini sangat penting karena merupakan masa dimana semua organ janin mulai terbentuk. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi agar perkembangan janin bisa sempurna.

Zat yang paling dibutuhkan selama masa awal kehamilan adalah asam folat, zat besi dan vitamin B6. Asam folat sangat penting karena mampu menurunkan risiko bayi lahir cacat. Sementara itu, zat besi dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia selama kehamilan. Sedangkan vitamin B6 bisa membantu mengurangi rasa mual penyebab morning sickness.

  1.   Trimester kedua kehamilan

Trimester kedua berlangsung sejak minggu ke-14 hingga minggu ke-27. Pada masa ini ibu hamil sangat membutuhkan zat gizi seperti kalsium, vitamin D serta asam lemak omega-3. Kalsium dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tulang serta gigi janin sementara vitamin D akan membantu penyerapan kalsium dan membantu mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Sementara itu, asam lemak omega-3 dibutuhkan untuk perkembangan otak serta saraf janin. Meskipun sekarang banyak suplemen omega 3 yang beredar di pasaran tapi penggunaannya tidak boleh sembarangan. Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

  1.   Trimester ketiga kehamilan

Zat gizi yang wajib dipenuhi selama periode ini adalah karbohidrat, protein serta vitamin K. karena karbohidrat merupakan sumber energi utama maka tiap hari ibu hamil memerlukan sekitar 2.200 kalori. Sementara itu, protein berperan dalam proses perbaikan jaringan dan organ ibu sedangkan vitamin K berfungsi dalam mempercepat pembekuan darah selama persalinan.

Pemilihan Makanan Selama Masa Kehamilan

Makanan merupakan salah satu sumber utama ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan gizi mereka. Sayangnya, tidak semua makanan bagus untuk kesehatan ibu dan bayinya sehingga mau tidak mau ibu hamil harus memilih makanan yang tepat jika ingin kebutuhan gizinya terpenuhi.

Biasanya, saat masa-masa awal kehamilan ibu hamil akan mengalami mual yang menyebabkan menurunnya nafsu makan. Untuk mengatasinya biasanya ibu hamil cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung bau yang menyengat atau makan dalam porsi kecil.

Meskipun begitu, konsumsi makanan bergizi dengan jumlah yang cukup dan jenis yang bervariasi merupakan hal yang paling disarankan oleh ahli. Bahkan, untuk memenuhi gizi ibu hamil ada juga yang menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen  atau multivitamin tambahan. Hal tersebut bisa saja dilakukan selama masih dalam izin serta pengawasan dokter ahli.